Senin, 07 Januari 2013

Apoteker juga Penting!

Assalamu'alaikum readers.
Mau cerita kejadian hari Sabtu kemaren.
Hari Sabtu suami gw udah ga demam lagi. Alhamdulillah.
Eh tapi malah sakit gigi. Astagfirullah.
Jadwal hari Sabtu kemaren gw dan suami mau beli beberapa perlengkapan rumah tangga di toko elektronik di deket Pasar Anyar. Namanya Toko Rahayu. Toko itu lumayan terkenal di kalangan emak-emak karena murah dengan kualitas barang yang sama dengan toko elektronik yang ada di mall.

Gw tau toko itu dari nyokap. Konon katanya perbedaan harga di Toko Rahayu sama yang di mall itu bisa sampe 300ribu. Wess hebat bener ya. Gw dan suami membandingkan harga kompor gas sanken, mesin cuci dan kulkas samsung sama LED TV Toshiba di toko elektronik di mall dengan di toko tersebut. Ternyata eh ternyata setelah gw bandingkan terbuktilah apa kata nyokap gw. Ga sepenuhnya terbukti sih.

Untuk harga mesin cuci Samsung dengan teknologi wobble malah lebih murah di mall (yang lagi promo akhir tahun). Tapiiiiii untuk 3 barang lainnya (kompor, kulkas dan TV) jauh lebih murah di Toko Rahayu Oia, di toko ini bisa nawar harga lhoo, tapi ga afgan/sadis nawarnya. Lumayanlah bisa menghemat beberapa puluh sampai ratus ribu, jadi bisa beli alat RT lainnya. (Dasar emak-emak!).

Lokasi Toko Rahayu itu di Jalan MA Salmun No. 5 Cibogor, Bogor Tengah, Bogor, Jawa Barat, Indonesia (lebayyy). Tepatnya deket sama Toko Sinar Sari yang lumayan terkenal juga. Hah? Ga tau Sinar Sari juga? Haduh. Itu juga kan terkenal banget di kalangan emak-emak di Bogor. Pokoknya kalau mau ke sana bawa mobil mendingan parkir di Ramayana terus jalan ke arah Pasar Anyar ngelewatin rel kereta. Nah dari rel kereta itu keliatan kok plang Toko Rahayu. Kalo bingung tanya abang-abang yang jualan deket pasar. Insya Allah tau dan ga nyasar (insya Allah yaa.. :p)

Hey hey hey, tunggu!.
Cerita gw udah sepanjang ini kok ga nyambung sama judul? Mana soal apotekernya? (Doh!).
Begini maksud gw, setelah belanja di Toko Rahayu, gigi suami gw nyut-nyutannya semakin dahsyat. Soalnya dia angkat-angkat barang belanjaan sendirian. (Rambo abisss, haha) Tapi barang belanjaannya cuma 2 buah aja kok (kan nyicil belanjanya :D) tapi beratnya lumayan soalnya belinya kompor kaca dan kipas angin yang gede (maklum belom mampu beli AC, haha)



Setelah keluar dari parkiran di Ramayana gw dan suami nyari obat sakit gigi terdekat. Di Ramayana ga ada. Terus gw mikir apotek terdekat itu di deket RS Salak. Jalanlah kita ke sana (bukan jalan kaki ya, plis deh) Pas sampe apotek, suami gw nunggu di mobil, gw ke apotek. Di dalam apotek lumayan rame sekitar 5 orang lagi pada duduk, kayanya lagi nunggu obat pesenannya selesai diracik. Mba-mba penjaga apotek (apoteker) habis melayani salah satu ibu-ibu yang menebus resep dokter terus dia malah langsung masuk ke ruang belakang tanpa nanya dulu gw mau beli apa. Gw pikir dia ga bakal lama di dalam karena ngasih resep obat sama temen apoteker yang bertugas meracik obat di belakang. Setelah sekitar hampir 10 menit orang itu ga keluar lagi, malahan berisik kayak ikut bantu ngeracik. Akhirnya gw putuskan untuk cari apotek lain.

Keseeel minta ampun, padahal gw cuma mau beli obat sakit gigi doang. Kalo dilayanipun paling ga nyampe setengah menit. Karena gw lagi gejala PMS dan suami gw juga udah ga tahan sama sakit giginya ahirnya gw memutuskan nyari apotek lain. Gw jadi tarik napas dalem-dalem aja, mencoba ga marah-marah. Bisa-bisa suami gw meledak giginya kalo gw marah-marah. Hahaha.

Memang kalo penyakitnya ga terlalu parah lambatnya pelayanan ga begitu berpengaruh, paling cuma jadi latihan sabar aja buat para customer. Tapi bayangin kalau ada pasien dengan penyakit parah yang butuh obat dengan cepat tapi pelayanan di apoteknya lambat dan ogah-ogahan, bisa-bisa si pasien jadi tambah parah dan efek terburuknya pasiennya keburu koma atau lebih buruk lagi keburu is dead alias wafat cuma gara-gara obatnya terlambat dikasih (amit-amit, naudzubillah). Apalagi itu apotek rumah sakit yang cukup besar. Pasti banyak pasien yang rawat inap yang punya penyakit cukup parah.


Peran apoteker dan penjaga apotek itu penting, ga kalah penting sama peran dokter dan suster di rumah sakit. Pokoknya yang berperan di bidang kesehatan, baik itu peran di bidang farmasi tau apapun yang berhubungan dengan pelayanan kesehatan itu harus punya kesadaran supaya menjadi orang yang cekatan dan cepat tanggap karena pekerjaan mereka berhubungan dengan nyawa manusia (secara tidak langsung). Buat para apoteker tolong dicatat dan dilaksanakan yaaa..



Suami gw cerita, pernah suatu saat dia dengan ortunya ke rumah sakit yang dekat dengan rumah. Kata dokternya, "Kalau mau nebus obat jangan di apotek rumah sakit ini soalnya pelayanannya lama, lebih baik cari apotek yang agak jauh saja." Dokter aja ampe bisa kasih saran kayak gitu. Berati kan udah ketauan kalo pelayanan apotek rumah sakit tersebut ga bagus. Jangan-jangan para apoteker itu ga sadar udah membuat orang (pasien) kehilangan kesehatan bahkan nyawa hanya karena pelayanan yang lambat dan ogah-ogahan. Semoga para readers atau apoteker yang baca ini bukan orang yang seperti itu.


Sekian curcol kali ini.
Semoga kita bisa menjadi pribadi yang bisa bermanfaat bagi orang lain, bukan malah yang menyengsarakan orang lain. Aamiin ya rabbal alamiin.
(Mohon maaf bagi para apoteker yang tersinggung, tapi ini adalah kisah nyata) :D

Tidak ada komentar: